Jurus kilat #persiapan Ramadhan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Bosmillahirrahmanirrahim
Tidak terasa yaa bentar lagi kita berjumpa dengan "Ramadhan", Senang rasanya bertemu lagi dengan rutinitas puasa selama sebulan, taraweh jama'ah di surau, atau tiap sore ke pasar ramadhan buat nyari buka'an. hhmmmm, rasanya baru aja habis lebaran, eh udah puasa lagi. Baju lebaran tahun kemarin pun masih rapih di lemari :D tapi yang terpenting adalah : semoga Ramadhan tahun ini benar-benar merupakan jalan untuk memperbaiki diri, menjadi jauh lebih baik lagi.



 Baiklah, kali ini saya coba memberi tips #Persiapan menyambut bulan Ramadhan. semoga bermanfaat.

1. Persiapan "Mental"
Percayalah, menghadapi Ramadhan itu lebi sulit dari pada menghadapi skripsi (teori suka-suka), apalagi untuk manusia mantan Jahiliya seperti saya yang memang baru benar-benar belajar untuk hijrah ke jalan cahaya. persiapan mental yang harus di perhatikan, meliputi :
a. Bahagialah!
saya pernah mendengar tentang hadist, tapi lupa sumbernya, bahwa "barang siapa yang senang dengan datangnya bulan Ramadhan (karena iman dan Allah swt) maka diharamkan jasadnya atas api Neraka". uwooo, menyambut baik bulan Ramadhan saja sudah penuh berkah ~ luruskan niat, ikhlas, dan be enjoy, semoga kita bersama-sama di dlama surganya Allah.
b. Luruskan Niat
"annamal amalu binniat" yang artinya lakukan segala amal kebaikan dengan niat, niatkanlah karena Allah swt, karena mencintai Allah, dan untuk melaksanakan rukun Islam. jangan "puasa, biar badan kurus" nyeheee :p
c. Fokus
"Silahkan anda makan, saya tetap berpuasa". sekalipun pada saat Ramadhan Allah merantai semua iblis, puasa tetap ada aja cobaannya, seperti kasus yang memang fenomenal dikalangan mahasiswa "pecah puasa bareng". fokus! fokus!

2. Persiapan Fisik
Untuk "body" sepertinya tidak perlu banyak persiapan, karena sudah banyak penelitian tentang betapa bagusnya puasa bagi kesehatan, ga perlu takut "mati karena puasa", yang penting nutrisi saat sahur dan berbuka seimbang sehingga siang hari gak dehidrasi. Saat sahur usahakan makan makanan yang tidak instan, dan perbanyak minum air putih.sednagkan pada saat berbuka jangan kesetanan makan banyak dengan alasan "balas dendam" :D selain body, persiapan fisik seperti persiapan penunjang ibadah juga perlu di perhatikan. upgrade peralatan sholat yang sudah tidak layak pakai, kalau punya stock yang bagus di dalam lemari maka Keluarkanlah!, Al quaran kalau bisa ga usah gede-gede banget (biar bisa disimpan dalam tas dan bisa dibaca kapan aja kalau di luar rumah), handphone juga penting loh (pasang alarm buat sahur dan sholat tahajud, isi pulsa banyak-banyak juga biar bisa bangunin orang sahur).

Apalagi ya?
kalau ada tambahan tulis di kolom komentar aja ya :))





Leave a Reply

About me

Foto saya
Just a simple girl, tidak cukup beberapa huruf disini untuk menggambarkan siapa saya | anak bungsu dari Keluarga bugis yang tersesat di Kalimantan | ♥ Buku, Laut, Cg, Sheila On Seven, Hijau, Jalanjalan, dan Makan Enak | Urban Farming, and Go Green!
Diberdayakan oleh Blogger.