PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Memasuki
era teknologi tinggi penggunaan alat-alat pertanian dengan mesin-mesin modern
membantu percepatan proses pengolahan produksi pertanian. Salah satu alat yang
umum dan paling sering digunakan adalah Traktor. Traktor
merupakan sebuah alat bermesin yang memiliki kemampuan untuk mengolah tanah.
Fungsi traktor sekrang telah mengantikan fungsi tenaga hewan seperti sapi dan
kerbau dalam pengolahan tanah. Walaupun telah dikenal luas namun perlu kiranya
kita membahas tentang perlunya mengenal mesin traktor tangan. Mesin
traktor tangan ini telah digerkan dengan tenaga mesin, namun pengoperasiannya
menggunakan tangan. Pengenalan yang baik atas mesin traktor tangan ini,
dapat mempercepat proses modernisasi pertanian.
Traktor adalah kendaraan yang didesain
secara spesifik untuk keperluan traksi tinggi pada kecepatan rendah, atau untuk menarik trailer atau instrumen yang digunakan dalam pertanian atau konstruksi. Istilah ini umum digunakan untuk mendefinisikan suatu
jenis kendaraan untuk pertanian. Instrumen pertanian umumnya digerakkan dengan
menggunakan kendaraan ini, ditarik ataupun didorong, dan menjadi sumber utama mekanisasi pertanian. Istilah umum lainnya, "unit
traktor",
yang mendefinisikan kendaraan truk
semi-trailer.
Kata traktor diambil dari bahasa Latin, trahere
yang berarti "menarik". Ada juga yang mengatakan traktor merupakan
gabungan dari kata traction motor,
yaitu motor yang menarik. Awalnya dipakai untuk mempersingkat penjelasan
"suatu mesin atau kendaraan yang menarik gerbong atau bajak, untuk menggantikan istilah "mesin
penarik" (traction engine).
Di Inggris, Irlandia, Australia, India, Spanyol, Argentina,
dan Jerman, kata "traktor" umumnya berarti "traktor
pertanian", dan penggunaan kata traktor yang merujuk pada jenis kendaraan
lain sangat jarang. Di Kanada dan Amerika Serikat, kata "traktor"
juga berarti truk semi-trailer.
Instrumen pertanian bermesin pertama
adalah mesin
portabel di tahun
1800an, yaitu mesin uap yang bisa digunakan untuk
mengendalikan instrumen mekanis pertanian. Sekitar tahun 1850, mesin penarik
dikembangkan dari mesin tersebut, dan digunakan secara luas di pertanian.
Traktor pertama adalah mesin bajak
bermesin uap. Traktor yang dibuat di tahun 1920an. Traktor bisa
diklasifikasikan sebagai two wheel
drive, four wheel drive,
atau track tractor. Traktor, kecuali track
tractor umumnya memiliki 4 roda dengan dua roda yang lebih besar di
belakang atau keempat roda sama besar. Track
tractor memiliki penggerak seperti tank yang membuatnya mampu bergerak di
berbagai medan. Karena traksinya yang sangat hebat, track tractor menjadi populer di California pada tahun 1930an.
Traktor pada awalnya menggunakan
mesin uap. Pada awal abad ke 20, mesin pembakaran
dalam menjadi
pilihan utama sumber tenaga traktor. Antara tahun 1900 hingga 1960, bensin menjadi bahan bakar utama, dan minyak tanah dan etanol sebagai alternatif bahan bakar. Dieselisasi mencapai puncaknya pada tahun 1960,
dan traktor pertanian modern umumnya menggunakan mesin diesel yang memiliki output power antara 18 hingga 575 tenaga
kuda (15-480 kW).
Kebanyakan traktor tua memakai transmisi manual. Traktor jenis ini memiliki beberapa rasio kecepatan,
umumnya 3 hingga 6. Kecepatan rendah umumnya dipakai di lahan pertanian
sedangkan kecepatan tinggi umumnya dipakai di jalan. Tenaga yang diproduksi
oleh mesin harus ditransmisikan ke peralatan yang diimplementasikan ke traktor
untuk melakukan pekerjaan yang dibutuhkan (menanam, memanen, membajak, dan
sebagainya). Hal ini bisa dicapai dengan drawbar
atau sistem sambungan.
MEKANISASI TRAKTOR
A.
Kontruksi Utama Traktor
Kontruksi utama pada Traktor, yaitu
:
3.
Alat
penggerak, yaitu roda, roda rantai, dsb
Roda traktor bisa diberi pemberat
untuk memperbesar traksi. Traktor juga diberi pemberat pada bagian depannya
untuk menyeimbangkan traktor, terutama setelah dipasangkan implemen.
B. Mesin
Mesin
traktor berupa mesin diesel dengan satu silinder (untuk traktor
roda dua) atau banyak silinder (untuk traktor roda empat), dengan konfigurasi
silinder in line maupun V type. Penggunaan mesin diesel
karena untuk keluaran daya yang sama, mesin diesel mengonsumsi bahan bakar
lebih sedikit dibandingkan mesin bensin. Tipe pendistribusian bahan bakar yang
umum adalah in line injection pump
atau dengan menggunakan distributor. Traktor modern umumnya dilengkapi turbocharger. Tipe pendingin yang digunakan di
wilayah beriklim sedang umumnya adalah berpendingin udara
yang dilengkapi dengan kipas yang tenaganya bersumber dari putaran poros mesin.
Hal ini dimungkinkan karena temperatur udara di sana cukup untuk mendinginkan
mesin. Untuk wilayah beriklim tropis, pendingin yang digunakan adalah bertipe
radiator, karena udara di wilayah beriklim tropis cukup panas dan tidak cukup
untuk mendinginkan mesin diesel.
C.
Sistem Penyaluran Tenaga
Fungsi
sistem penyaluran tenaga adalah untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda,
poros PTO, pompa hidrolik untuk menggerakan three point hitch, dan lain-lain pada berbagai tingkat putaran.
Sistem transmisi traktor dilengkapi dengan diferential gear dan diferential
lock. Diferential gear
adalah roda gigi yang menjadikan kedua sisi roda (kanan dan kiri) berputar
dengan kecepatan yang berbeda. Hal ini dimungkinkan untuk kemudahan berbelok;
jika ingin berbelok ke kanan, maka roda sebelah kanan akan berputar dengan
kecepatan lebih rendah dari roda seelah kiri, begitu pula sebaliknya. Sedangkan
diferential lock adalah alat yang menjadikan kedua sisi roda berputar secara
bersamaan bila salah satu roda mengalami selip. Untuk kebutuhan kendali dan
memudahkan berbelok, umumnya kedua sisi roda tidak berputar secara bersamaan.
D.
Titik Gandeng (Hitch Point)
Titik gandeng yaitu titik yang
menggandengkan implemen atau trailer dengan traktor. Ada dua tipe titik gandeng
yaitu tipe drawbar dan tipe three hitch point.
Fungsi titik gandeng, yaitu :
1.
menyalurkan
gaya dari traktor-implemen
2.
mengatur
pergerakan dan posisi relatif antara traktor dan implemen
3.
mempermudah
pertukaran implemen
Tipe drawbar hanya digunakan untuk menarik trailer. Sedangkan tipe three point hitch digunakan untuk
menarik implemen yang memiliki sambungan sebanyak tiga buah yang sesuai dengan
tipe sambungan three point hitch.
Umumnya tipe sambungan three point
hitch lebih stabil namun kaku dan tidak fleksibel letika membelok
sehingga implemen yang tersambung perlu diangkat untuk sementara ketika traktor
membelok.
Bagian-bagian three point hitch
terdiri dari top link dan dua lower link. Lower link terhubung dengan sistem
hidrolik yang memungkinkan lower link bergerak dan mengangkat implemen ketika
tidak digunakan.
Power
take off (PTO) shaft, yaitu poros yang berguna untuk menyalurkan daya mesin
keluar dari traktor. Umumnya, poros PTO keluar dari ujung belakang traktor.
Manfaat poros PTO ini sangat bervariasi, diantaranya memberikan tenaga untuk
implemen yang ditarik hingga menggerakkan mesin bor. Kecepatan PTO yang umum
digunakan adalah 540 RPM dan 1000 RPM.
E.
Aplikasi dan Variasi Penggunaan
Traktor
Secara garis besar, manfaat traktor roda
empat yaitu:
1.
Menarik
dan menggerakkan alat pengolah tanah
2.
Menarik
mesin penanam (transplanter)
3.
Menarik
mesin pemupuk
4.
Menarik
mesin penyemprot, boom sprayer,
dsb
5.
Menarik
trailer
6.
Penggerak
mesin lainnya
Salah satu tipe implemen traktor yang
harus diperhatikan dalam memilih traktor yaitu :
1.
Pekerjaan
apa yang ingin dilakukan
3.
Jenis
lahan yang akan dilalui (lahan kering, sawah, hutan, padang rumput,
semak-semak, dsb)
4.
Jam
kerja pertahun
5.
Luas
lahan yang digarap
Semua faktor di atas memengaruhi
kinerja traktor, hasil, dan biaya. Traktor dengan roda rantai tidak bisa
digunakan di lahan sawah. Lahan yang sempit sebaiknya digunakan traktor roda
dua, karena traktor roda empat memiliki biaya operasional yang tinggi dan hanya
cocok digunakan untuk lahan yang luas dengan jam kerja yang banyak. Yang paling
umum adalah penggunaan traktor sebagai alat mekanisasi pertanian. Traktor
pertanian digunakan untuk menarik atau mendorong instrumen pertanian atau
trailer. Berbagai variasi dan spesialisasi traktor telah dikembangkan,
diantaranya yang paling umum adalah instrumen untuk memanen yang umum digunakan
di lahan gandum yang luas. Selain untuk memanen, ada juga yang didesain
untuk menanam, mengolah dan memperbaiki lahan, atau pengangkut hasil pertanian.
Daya tahan dan kekuatan mesin dari
traktor membuatnya sangat pas untuk kebutuhan konstruksi bangunan dan jalan.
Traktor bisa dipasangkan dengan lengan penggaruk, dozer blade, backhoe,
dan lain sebagainya. Traktor tipe ini umumnya tipe track tractor.
Penggerak track tractor. Traktor ini menggunakan penggerak yang mirip konveyor, bukan roda. Penggunaan traktor lainnya adalah
sebagai penarik pesawat terbang di bandara, pengangkut kendaraan militer, pengangkut beban berat dalam jumlah besar yang umum
terdapat di pertambangan batu bara terbuka, dan lain sebagainya. Yang
terbesar adalah traktor pembawa roket
peluncur dan pesawat ulang alik yang dimiliki NASA, dan Bagger yang digunakan dalam penambangan
batu bara di Jerman.
TRAKTOR DALAM PERTANIAN
Pada saat ini traktor digunakan
untuk berbagai keperluan. Penggunaan yang paling banyak ialah untuk pengolahan
tanah, karena memang pekerjaan pengolahan tanah adalah pekerjaan pertanian yang
relatif membutuhkan daya yang besar dibanding pekerjaan lainnya.
Selain itu traktor juga digunakan
untuk penanaman, untuk pemeliharan tanaman, untuk memutar pompa irigasi, untuk
pemanen (dengan memasang pisau reaper), untuk memutar perontok padi, serta
untuk pengangkutan, mulai dari bibit, pupuk, peralatan, sampai hasil pertanian.
Dari asal katanya, traktor berarti alat peghela. Memang fungsi utama traktor
ialah untuk menghela sesuatu. Itulah sebabnya semua traktor tentu pada bagian
belakangnya dilengkapi dengan sambungan untuk tempat menggandeng alat yang akan
dihela tersebut. Pengertian traktor ialah kendaraan bermesin yang khusus
dirancang untuk menjadi penghela. Dari sejarahnya, traktor memang dirancang
awalnya untuk mengganti hewan hela dengan mesin yang lebih kuat.
Macam-Macam Traktor Pertanian
Traktor pertanian didefinisikan
sebagai suatu kendaraan yang mempunyai daya penggerak sendiri, minimum
mempunyai sebuah poros roda yang diracang untuk menarik serta menggerakkan
alat/ mesin pertanian. Atas dasar bentuk dan ukuran traktor, maka traktor
pertanian dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu:
1. Traktor besar
Merupakan traktor yang mempunyai dua
poros roda (beroda empat atau lebih), panjangnya berkisar 2650-3910 mm, lebar
berkisar 1740-2010 mm dan dayanya bekisar 20-120 HP.
2. Traktor mini
Merupakan traktor yang mempunyai dua
poros roda (beroda empat). Traktor ini memiliki panjang bekisar 1790-2070 mm,
lebar berkisar 995-1020 mm dan dayanya berkisar 12,5-20 HP.
Pada elemennya traktor jenis ini
digerakkan oleh motor diesel dua silinder atau lebih, mempunyai 6 kecepatan
(versneling) maju dan 2 kecepatan mundur, yang dibedakan menjadi 4 macam
kecepatan rendah (termasuk kecepatan mundur) dan 4 macam kecepatan tinggi
(termasuk kecepatan mundur). Kecepatan kerja berkisar antara 0,94-4,79 km/jam
dan kecepta transport antara 7,54-13,31 km/jam.
Traktor jenis ini sudah dilegkapi
dengan PTO (power take off), three point hitch (tiga titik penggandengan/system
mounted). Pada umumnya konstruksi traktor mini tidak banyak berbeda dengan
traktor besar, perbedaannya hanya pada dayanya saja
3. Traktor tangan
Traktor tangan merupakan traktor
yang hanya mempunyai sebuah poros roda (beroda dua). Traktor ini mempnyai
panjang berkisar 1740-2290 mm, lebar berkisar 710-880 mm dan dayanya berkisar
6-10 HP. Sebagai daya penggerak utamanya menggunakan motor diesel silinder
tunggal.
Power steering
Pada sistem kemudi ini tenaga untuk
membelokkan datang dari tenaga hidrolik atau elektrik, tidak datang dari tenaga
pengemudi. Putaran lingkaran kemudi oleh pengemudi hanya merupakan signal bagi
sistem tenaga bagi sistem kemudi. (Sutantra, 2001, p.331).
Ditinjau dari jumlah roda yang
berbelok saat lingkar kemudi diputar, sistem kemudi dapat dibedakan menjadi :
1.
Sistem
kemudi 2 roda, yaitu sistem kemudi yang hanya menggunakan belokan 2 roda
(umumnya roda depan) untuk mengendalikan arah gerakan kendaraan.
2.
Sistem
kemudi 4 roda, yaitu sistem kemudi menggunakan belokan keempat roda untuk
mengendalikan arah gerakan. Belokan roda depan berfungsi sebagai pemberi arah
sedangkan belokan roda belakang berfungsi sebagai pengendali atau penyetabil
arah dari gerakan kendaraan (Sutantra, 2001, p.332).
TRAKTOR TANGAN
Traktor tangan ini diciptakan di Cina,
dengan fungsi utamanya adalah untuk mengolah tanah. Namun, sebenarnya traktor
tangan ini memiliki banyak fungsi, seperti pompa air, alat prosesing, trailer,
dan sebagainya. Alat ini diharapkan akan berguna di wilayah Indonesia
terkenal sebagai negara
agraris.
Letaknya yang berada di jalur khatulistiwa
membawa keuntungan tersendiri bagi kondisi tanah
di Indonesia.
Tanah-tanah di Indonesia bisa diolah menjadi lahan pertanian
sehingga pertanian bisa menjadi mata pencaharian pokok masyarakat
Indonesia
pada umumnya. Bagaimanapun, mengolah tanah dalam bertani secara manual
akan terasa lebih berat bagi petani.
Untuk itu, diperlukan alat atau mesin
untuk mempermudah pekerjaan petani
dalam mengolah tanah sawahnya.
Salah satunya adalah traktor tangan atau hand
tractor/HT.
A. Klasifikasi
Traktor Tangan
Traktor tangan dapat
diklasifikasikan berdasarkan bahan bakar dan besarnya daya motor. Berdasarkan bahan bakarnya,
traktor tangan dibedakan atas:
- Traktor
tangan berbahan bakar solar
- Traktor
tangan berbahan bakar bensin
- Traktor
tangan berbahan bakar minyak tanah atau kerosin
Berdasarkan daya motor, traktor
tangan dibedakan atas :
- Traktor
tangan berukuran kecil dengan tenaga penggerak < 5 Hp
- Traktor
tangan berukuran sedang dengan tenaga penggerak 5-7 Hp
- Traktor
tangan berukuran besar dengan tenaga penggerak 7-12 Hp
B. Bagian-Bagian
Traktor Tangan
Bagian utama traktor tangan ada
tiga, yaitu:
1. Tenaga penggerak motor
- Kerangka
dan transmisi atau penerus tenaga traktor tangan
- Tuas
kendal.
Tenaga
penggerak motor
Pada traktor tangan, jenis tenaga
penggerak yang sering dipakai adalah motor diesel. Selain motor diesel, ada
yang menggunakan motor bensin atau minyak tanah atau kerosin. Dengan
menggunakan satu silinder, daya yang dihasilkan kurang dari 12 Hp. Pada kerangka
dipasang motor penggerak dengan empat buah baut pengencang. Lubang baut pada
kerangka dibuat memanjang agar posisi motor dapat digerakkan maju mundur.
Tujuannya adalah untuk memperoleh keseimbangan traktor dan untuk menyesuaikan ukuran v-belt yang digunakan. Engkol digunakan untuk menghidupkan motor
diesel, sedangkan untuk motor bensin dan minyak tanah menggunakan tali
starter.
Kerangka
dan transmisi atau penerus tenaga traktor tangan.
Fungsi kerangka adalah sebagai
tempat kedudukan motor penggerak, transmisi, dan bagian traktor lainnya. Kerangka berfungsi sebagai tempat kedudukan motor
penggerak, transmisi dan bagian traktor lainnya. Bagian traktor dikaitkan
dengan kerangka dengan menggunakan beberapa buah baut pengencang.
Tenaga dari motor berupa putaran poros disalurkan
melalui pully dan v-belt ke
kopling utama untuk diteruskan ke gigi persneleng sehingga menggerakkan poros
roda dan poros PTO. Gigi persneling juga berfungsi untuk mengatur kecepatan
putaran poros roda dan poros PTO. Kemudian, tenaga disalurkan ke mesin rotary. Kopling utama dioperasikan
dari tuas kopling utama. Bila tuas ditarik ke posisi netral, maka tenaga motor tidak disalurkan ke gigi
persneleng. Akibatnya traktor akan berhenti, meskipun kondisi motor penggerak dihidupkan.
Di samping kopling utama, terdapat
dua kopling kemudi untuk menggerakkan traktor ke kanan atau ke kiri. Traktor
tangan juga bisa bergerak maju mundur dengan kecepatan tertentu karena putaran
poros motor penggerak disalurkan sampai ke roda. Ada tiga jenis roda yang
digunakan pada traktor tangan, yaitu: roda ban, roda besi, roda apung atau roda
sangkar/cage wheell. Roda ban
berfungsi untuk transportasi dan mengolah tanah kering. Roda
besi digunakan untuk pembajakan di lahan kering. Roda apung
digunakan pada saat pengolahan tanah basah. Ukuran roda disesuaikan
dengan spesifikasi traktor. Besar kecilnya roda akan berpengaruh terhadap lajunya traktor.
Tuas
kendali
Tuas kendali digunakan untuk
mengendalikan jalannya traktor. Traktor tangan memiliki banyak tuas kendali
untuk mempermudah pekerjaan. Akibatnya, traktor menjadi lebih berat dan
harganya lebih mahal. Oleh karena itu, sekarang banyak diproduksi traktor yang
dilengkapi hanya dengan beberapa tuas kendali agar lebih ringan dengan harga
yang lebih murah. Namun, kemampuan traktor jadinya juga terbatas.
Tuas kendali dibedakan atas :
1. Tuas perneling utama traktor tangan
- Tuas
persneleng cepat lambat traktor tangan
- Tuas
kopling utama traktor tangan
- Tuas
persneleng mesin rotary
traktor tangan
- Tuas
persneleng kemudi
- Stang
kemudi dan kemudi pembantu
- Tuas
gas traktor tangan
- Tombol
lampu dan bel traktor tangan
- Tuas
penyangga depan
Tuas
persneleng utama traktor tangan.
Tuas ini berfungsi untuk memindahkan
susunan gigi pada persneleng sehingga perbandingan kecepatan putar poros motor
penggerak dan poros roda dapat diatur. Traktor tangan yang lengkap biasanya
mempunyai 6 kecepatan maju dan 2 kecepatan mundur. Kecepatan ini dapat dipilih
sesuai dengan jenis pekerjaan yang sedang dilaksanakan.
Kecepatan satu untuk membajak tanah
dengan mesin rotary. Kecepatan
dua untuk membajak tanah dengan bajak singkal/piringan. Kecepatan tiga untuk
membajak tanah sawah yang tergenang. Kecepatan empat untuk berjalan di jalan
biasa. Kecepatan lima dan enam untuk menarik trailer/gerobak. Mundur satu digunakan pada saat operator berjalan. Mundur
dua digunakan pada saat operator naik di trailer/gerobak.
Tuas
persneleng cepat lambat traktor tangan.
Tuas ini tidak selalu ada. Apabila
tuas persneleng utama hanya terdiri dari 3 kecepatan maju dan 1 kecepatan
mundur, biasanya traktor tangan dilengkapi dengan tuas persneleng cepat lambat.
Fungsi perneleng ini untuk memisahkan antara pekerjaan mengolah tanah dengan
pekerjaan transportasi (berjalan dan menarik trailer/gerobak). Dengan adanya
tuas cepat lambat, kemungkinan salah dalam memilih posisi persneleng bisa
dikurangi.
Tuas
kopling utama traktor tangan.
Tuas kopling utama berfungsi untuk
mengoperasikan kopling utama. Bila tuas dilepas pada posisi pasang atau on, maka tenaga motor akan tersambung
ke gigi persneleng. Sebaliknya apabila ditarik ke posisi netral atau bebas atau
off, maka tenaga motor tidak
disalurkan ke gigi persneleng. Apabila ditarik lagi maka tuas kopling utama
akan tersambung dengan rem yang berada pada rumah kopling utama.
Tuas
persneleng mesin rotary traktor
tangan.
Tuas ini berfungsi sebagai pengatur
kecepatan putar poros PTO. Apabila hasil pengolahan yang diharapkan halus dan
gembur, maka tempatkan posisi tuas persneleng mesin rotary pada posisi cepat dan sebaliknya. Kecepatan putar pisau rotary dapat juga diatur dari posisi
pemasangan rantai penghubung.
Tuas
persneleng kemudi.
Tuas persneleng kemudi pada traktor
tangan ada dua, masing-masing berada di kiri dan kanan. Tuas ini digunakan
untuk mengoperasikan kopling kemudi ke kanan dan ke kiri. Apabila tuas kopling
kemudi kanan ditekan, maka putaran gigi persneleng tidak tersambung dengan
poros roda kanan sehingga roda kanan akan berhenti dan traktor akan berbelok ke
kiri. Begitu juga sebaliknya apabila kopling kiri ditekan.
Stang
kemudi dan kemudi pembantu
Stang kemudi digunakan untuk
membantu membelokkan traktor. Meskipun sudah ada tuas kopling kemudi, namun
agar berbeloknya traktor dapat lebih tajam, perlu dibantu dengan stang kemudi.
Stang kemudi juga digunakan untuk mengangkat implemen pada saat pengoperasian.
Kemudi pembantu digunakan untuk tempat bertumpu bahu operator. Maksudnya agar
menambah beban bagian belakang traktor sehingga hasil pengolahan tanah bisa
lebih dalam.
Tuas ini dihubungkan dengan tuas gas
pada motor peggerak. Tuas ini digunakan untuk mengubah kecepatan putaran poros
motor penggerak yang sesuai dengan tenaga yang dibutuhkan. Tuas ini juga
berfungsi untuk mematikan motor traktor, apabila posisinya ditempatkan pada
posisi stop.
Tombol
lampu dan bel traktor tangan.
Terkadang, traktor digunakan pada
waktu malam hari, sehingga diperlukan penerangan. Tombol bel diperlukan apabila
traktor dijalankan di jalan raya. Dengan adanya tombol lampu dan bel ini, motor
traktor harus dilengkapi dengan kumparan sebagai sumber arus listrik.
Tuas
penyangga depan.
Tuas ini menggerakkan penyangga
depan. Apabila tuas didorong akan mendorong penyangga depan turun untuk
menyangga traktor. Traktor tangan hanya mempunyai dua roda. Apabila traktor
dalam keadaan berhenti, maka untuk menegakkan traktor diperlukan penyangga.
C. Mengoperasikan
Traktor Tangan
Beberapa hal yang perlu diperhatikan
sebelum menghidupkan traktor, yaitu :
- Traktor
sudah diperiksa dan dalan kondisi baik.
Menghidupkan traktor tangan, yaitu :
- Tuas
kopling utama diposisikan off
atau rem sehingga traktor
tidak berjalan pada saat dihidupkan.
- Semua
tuas persneleng pada posisi netral untuk keamanan.
- Buka
kran bahan bakar sehingga terjadi aliran bahan bakar ke ruang pembakaran.
- Gas
dibesarkan pada posisi start
sehingga ada aliran bahan bakar (solar) yang cukup banyak di ruang pembakaran.
- Tuas
dekompresi ditarik dengan tangan kiri untuk menghilangkan tekanan di ruang
pembakaran pada saat engkol diputar.
- Engkol
dimasukkan ke poros engkol, lalu putar engkol searah jarum jam beberapa
kali agar pelumas dapat mengalir ke atas melumasi bagian-bagian traktor.
Biasanya dilengkapi dengan indikator untuk menunjukkan adanya aliran
pelumas.
- Percepat
putaran engkol sehingga akan menghasilkan cukup tenaga untuk menghidupkan motor.
- Lepaskan
tuas dekompresi untuk menghasilkan tekanan, sementara engkol masih tetap
diputar sampai motor hidup.
- Setelah
motor hidup, engkol akan terlepas sendiri dari poros engkol yang
disebabkan oleh bentuk pengait engkol yang miring.
- Geser
posisi tuas gas pada posisi idle
atau stasioner.
- Hidupkan
motor tanpa beban kurang lebih selama 2-3 menit agar proses pelumasan
dapat berjalan dengan baik.
- Traktor
siap untuk dioperasikan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan
pada saat dan setelah mematikan traktor, yaitu :
- Gas
tidak perlu dinaik-turunkan sebelum dimatikan.
- Jangan
tergesa-gesa dalam mematikan motor.
- Semua
tuas dalam kondisi netral.
Mematikan traktor tangan, yaitu :
- Lepaskan
beban motor.
- Kecilkan
gas pada posisi idle atau
stasioner sehingga putaran mesin akan pelan selama 2-3 menit.
- Geser
tuas gas pada posisi stop
sampai motor mati karena tidak ada aliran bahan bakar ke ruang pembakaran.
- Tutup
kran bahan bakar.
GAMBAR TRAKTOR
- As (poros) roda
- Tuas kopling kemudi belok kanan
- Stang kemudi
- Tuas gas
- Kemudi pembantu
- Tuas persneleng utama
- Tuas kopling utama
- Tuas persneleng cepat lambat
- Tuas penyangga depan
- Gantungan pisasu rotary
- Pully penegang
- Penyangga depan
- Kerangka
- Pemberat depan
- Pully mesin
- V-belt
- Pully utama
- Penutup V-belt
- Gear box (rumah persneleng)
- Tutup kotak peralatan
- Tombol lampu dan bel
- Tuas kopling kemudi belok kiri
- Tuas persneling mesin rotari
- Ban
PENUTUP
Kesimpulan
Dari
penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa :
1.
Traktor adalah kendaraan yang didesain secara spesifik untuk
keperluan traksi tinggi pada kecepatan rendah, atau untuk menarik trailer atau instrumen yang digunakan dalam pertanian atau konstruksi
2.
Traktor
ialah kendaraan bermesin yang khusus dirancang untuk menjadi penghela.
3.
Bagian-bagian
traktor tangan meliputi Tenaga penggerak motor, Kerangka dan transmisi atau
penerus tenaga traktor tangan, dan Tuas kendali.
DAFTAR PUSTAKA
ini yang aku cari, makasih gan artikelnya.
BalasHapussharing juga ni, dengar-dengar blog jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia adalah blog baru yang cukup bagus menyediakan referensi seputar pertanian, sesuai dengan namanya jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia memang tidak hanya membahas teori saja, namun infonya juga bersifat aplikatif, karena itulah kadang juga saya mengunjunginya DISINI>> jokowarino.com tempat berbagi informasi mengenai pertanian indonesia
Halo, saya Helena Julio dari Ekuador, saya ingin berbicara tentang Layanan Pendanaan Le_Meridian tentang topik ini.Le_Meridian Layanan Pendanaan memberi saya dukungan keuangan ketika semua bank di kota saya menolak permintaan saya untuk memberi saya pinjaman 500.000,00 USD, saya mencoba semua yang saya bisa untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank saya di sini di Ekuador tetapi mereka semua menolak saya karena kredit saya rendah tetapi dengan rahmat Tuhan saya jadi tahu tentang Le_Meridian jadi saya memutuskan untuk mencoba mengajukan permohonan pinjaman. dengan insya Allah mereka memberi saya pinjaman 500.000.00 USD permintaan pinjaman yang ditolak bank-bank saya di sini di Ekuador, sungguh luar biasa melakukan bisnis dengan mereka dan bisnis saya berjalan dengan baik sekarang. Berikut adalah Email Investasi Pendanaan Le_Meridian / Kontak WhatsApp jika Anda ingin mengajukan pinjaman dari mereka.Email:lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com WhatsApp Contact: 1-989-394-3740.
BalasHapus