Good bye, PMS!


Menstruasi adalah siklus yang dialami setiap wanita. Banyak keluhan seperti perut sakit, pinggang terasa nyeri, kaki pegal-pegal, payudara membengkak sampai sembab menstruasi. Keluhan ini bisa berbeda antara wanita yang satu dengan yang lainnya.
Salah satu contoh, sembab menstruasi. Keluhan ini biasanya disebabkan karena adanya kelebihan air di dalam perut. Jadi tidakk heran lagi, ketika mengalami siklus ini, badan terasa mengembang. Kram perut yang sakit saat haid adalah keluhan yang sering dialami oleh wanita. Hal ini biasa disebabkan adanya myoma atau fibroid yang terjadi di uterus. Sering dialami oleh wanita yang berumur di atas 35 tahun.
Banyak cara untuk menyiasatinya, salah satunya dengan melakukan senam sederhana selama 30 menit. Caranya, kedua kaki dibuka selebar bahu pada posisi berdiri. Kemudian tunduk ke depan sejauh mungkin di pinggul. Biarkan posisi kepala dan kedua lengan terjuntai. Tahan selama 5 detik. Lalu tekuk lutut sedikit dan perlahan berdiri tegak. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali. Senam ini dapat meningkatkan aliran darah ke otot perut dan secara lembut akan mengeluarkan cairan yang menimbun.
atau beberapa cara di bawah ini :
Jalan kaki
Lakukan olahraga minimal jalan kaki selama 1 jam dapat menurunkan resiko gangguan ini terjadi. Karena berat badan yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak banyak gerak akan memproduksi estrogen yang rendah pada tubuh.

Mengurangi makan daging
Kurangi makan olahan lemak hewan seperti susu atau daging merah setidaknya 1 porsi setiap minggu dapat menurunkan 70% kram ini terjadi. Karena daging atau susu mengandung kelebihan estrogen.

Pilih salad
Mampu menurunkan resiko hingga 50% jika anda mengkonsumsi salad lebih dari 1 saji sayuran setiap hari dibandingkan yang tidak makan sayuran sama sekali.

Hindari penggunaan wadah plastik
Plastik dapat mengeluarkan senyawa yang membuat estrogen tubuh jadi kacau sehingga menyebabkan timbulnya fibroid. Gunakan wadah kaca atau keramik saat memanaskan makanan di microwave.


Menstruasi tidak lagi halangan untuk beraktitas, kan? 

Leave a Reply

About me

Foto saya
Just a simple girl, tidak cukup beberapa huruf disini untuk menggambarkan siapa saya | anak bungsu dari Keluarga bugis yang tersesat di Kalimantan | ♥ Buku, Laut, Cg, Sheila On Seven, Hijau, Jalanjalan, dan Makan Enak | Urban Farming, and Go Green!
Diberdayakan oleh Blogger.