STRES, mudah!


Sistem kekebalan tubuh yang buruk membuat tubuh mudah lelah dan rentan terserang penyakit. Itulah mengapa penting mengenali sejumlah kebiasaan yang mungkin tak kamu sadari dapat menyebabkan stress dan menurunkan sistem imunitas.
1. Jarang Bergaul
Penelitian menunjukkan, semakin sedikit interaksi seseorang dengan orang-orang di sekitarnya akan semakin mudah terkena penyakit. Ini berkaitan dengan tingkat depresi yang berpengaruh pada harapan hidup.
Jangan biarkan diri terjebak dalam rutinitas pekerjaan dan menjauh dari pergaulan. Sesekali, luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman atau komunitas tertentu. Ini bisa kamu lakukan sepulang kerja atau akhir pekan.
2. Pesimistis
Sikap pesimistis ternyata juga berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Pesimistis membuat seseorang mudah sekali merasa lelah dan terserang stres. Hal inilah yang membuat tubuh menjadi kurang fit dan sistem kekebalan tubuh menurun. dan membuat kamu gampang terkena stres
3. Kurang Tidur
Kurang Tidur akan langsung akan rasa efeknya. Sakit kepala, sulit berkonsentrasi, dan mudah lelah. Tidur adalah saat sel-sel tubuh yang rusak melakukan perbaikan. Jika kamu Kurang Tidur sel yang merupakan zat antibodi tidak bekerja maksimal sehingga tubuh mudah sekali terserang penyakit dan Stres.

Sebuah penelitian dilakukan oleh Harvard Medical School di Boston, tentang kondisi kerja dari 17.400 perempuan bekerja di usia 50-60 tahun menunjukan hasil bahwa semuanya mengaku merasa tegang dan tidak nyaman di tempat kerja. Perempuan yang memiliki pekerjaan yang lebih tinggi mempunyai potensi 2x lebih besar dari yang melakukan pekerjaan santai untuk terkena serangan jantung. Walaupun tidak memiliki turunan penyakit jantung, tetap ada resiko sebanyak 40% jika tetap melakukan kerja keras.
Pekerjaan tinggi yang memicu stress juga bisa memicu penyakit stroke, darah tinggi, dan detak jantung yang tiba-tiba berhenti.  Faktanya, kita tidak bisa menghindari stress, namun kita bisa mempelajari cara mengelola elemen negatif dari stress. Bagaimanakah caranya?
Dan dibawah ini adalah makanan yang dapat membantu kamu memulihkan stress tersebut:
1. Jeruk
Sebuah studi di JERMAN yang di muat dalam jurnal Psychophaarmacology menemukan, Vitamin C dapat Membantu kamu mengurangi Stres dan mengembalikan tekanan darah kortisol (hormon penyebab stres) ketingkat normal setelah kamu stres. Vitamin C juga terkenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
2. Ubi Jalar
Ubi bisa mengurangi stres kamu. Sebab ubi akan memenuhi kebutuhan tubuh untuk mendapatkan karbohidrat saat kamu berada di bawah stres. Ubi yang mengandung vitamin beta-karoten akan membantu tubuh kamu untuk memproses karbohidrat.
3. Bayam
Kekurangan magnesium dapat menyebabkan sakit kepala migrain dan rasa lelah. Semangkuk sayur bayam bening mengandung magnesium sebesar 40 persen dari kebutuhan harian kamu.
4. salmon
Salmon kaya akan asam lemak omega-3. Diet tinggi asam lemak omega-3 melindungi tubuh dari penyakit jantung. Sebuah studi dari Diabetes Metabolism menemukan bahwa omega-3 menjaga hormon stres kortisol dan adrenalin dari puncak.
5. Alpukat
Lemak dan kalium dalam avokad membantu menurunkan tekanan darah. Institut Nasional Jantung, Paru, dan Darah menyebutkan, salah satu cara terbaik menurunkan tekanan darah adalah mengonsumsi kalium cukup (alpukat memiliki lebih dari pisang).
6. Gandum utuh
Vitamin B yang banyak terkandung dalam gandum utuh akan menstimulasi produksi hormon serotonin, sebuah hormon dan zat neurotransmitter yang akan mengirim sinyal menenangkan dalam otak. Elisa Zied, RD, pengarang buku Nutrition at Your Fingertips pun mengatakan bahwa gandum utuh akan dicerna tubuh secara perlahan sehingga hormon serotonin yang dikeluarkan pun akan bertahan lama.
7. Coklat
“Sudah tidak heran lagi jika cokelat disebut sebagai makanan penghilang stres. “Cokelat akan meningkatkan level zat-zat neurotransmitter ke otak yang akan memicu pengeluaran hormon-hormon pembuat senang dan rileks seperti dopamin,” ujar Alan Hirsch, MD, direktur Smell & Taste Treatment and Research Foundation, Chicago.
Selain makanan, olahraga teratur dan konsumsi makanan kecil rendah kalori sepanjang hari juga akan sangat membantu dalam menurunkan kadar stress :)

Yuk kita mulai bertanya pada diri kita sendiri. Apakah pekerjaan kita sering menimbulkan stress? Apakah kita tidak memiliki waktu untuk bersantai? Jika jawabannya iya, maka kita harus mengelola elemen negatif stress dengan cara olah raga teratur, tidak membawa pekerjaan ke rumah, dan luangkan waktu untuk berkumpul bersama teman atau keluarga untuk bersantai. Semoga bermanfaat! :D

Lapar.com

Leave a Reply

About me

Foto saya
Just a simple girl, tidak cukup beberapa huruf disini untuk menggambarkan siapa saya | anak bungsu dari Keluarga bugis yang tersesat di Kalimantan | ♥ Buku, Laut, Cg, Sheila On Seven, Hijau, Jalanjalan, dan Makan Enak | Urban Farming, and Go Green!
Diberdayakan oleh Blogger.